Menanggulangi kemiskinan

MASTER PLAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Berdasarkan pertimbangan angka kemiskinan yang masih signifikan, diperlukan suatu cara penanggulangan kemiskinan yang sistematis, terencana dan terarah yang dituangkan dalam suatu master plan yg siap untuk diterjemahkan dalam rencana tahunan dalam bentuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang siap untuk diimplementasikan.

Banyak sudah upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik melalui kebijakan program dan kegiatan; namun jumlah penduduk miskin terus bertambah dan menyebar, seakan berlomba dan berkompetisi dengan upaya penanggulangannya.

Secara umum, strategy dan pendekatan dalam rangka penanggulangan kemiskinan menyasar minimal 3 (tiga) bidang prioritas; yaitu:

1. Bidang ekonomi (Peningkatan pendapatan dan penghasilan, dll)

2. Bidang pendidikan (dasar, menengah dlsb)

3. Bidang kesehatan.

Sasaran bidang ekonomi mendesak harus diprioritaskan untuk segera mendapatkan pemulihan kemiskinan dengan upaya-upaya yg dapat meningkatkan pendapatan dan penghasilan penduduk. Upaya ini akan lebih memberi dampak pemulihan bila diiringi dengan peningkatan daya beli masyarakat, oleh karena itu pemerintah pusat diharapkan disiplin dalam kebijakan fiskal untuk menjaga angka inflasi tidak lebih dari 1 (satu) digit.

Selaras dengan upaya peningkatan pendapatan dan penghasilan, semua pihak harus mempunyai komitmen untuk memberantas segala bentuk pemiskinan seperti kolusi dan korupsi.

Membiarkan adanya perlombaan dan pertarungan antara pemiskinan (kolusi dan korupsi) dengan penanggulangan kemiskinan (dalam bentuk program dan kegiatan) tidak akan menghasilkan apa-apa dari sisi upaya penanggulangan kemiskinan, sebaliknya pertarungan tersebut tidak berimbang, justru menyuburkan dan menyebarkan kemiskinan sampai akhirnya negeri ini akan dilikuidasi tergadai oleh utang penanggulangan kemiskinan yang arahnya negatif.

Bagaimana menurut kawan?!

Mari kita diskusi yuk?!…..

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: